“SELAYANG PANDANG ROYATUL QUR’AN”

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله واصحابه
ومن وله.
Pondok Pesantren Royatul Qur’an Batam merupakan lembaga yang berfokus pada dawah dan pendidikan yang memiliki sejarah perjalanan yang menarik sejak berdirinya pada tanggal 12 Juni 2017 terdaftar di akta notaris resmi, menandai awal dari perjalanan yang penuh tantangan namun penuh berkah dan harapan. Perjuangan untuk mendirikan pesantren ini melibatkan banyak peristiwa dan tokoh yang menginspirasi dalam merintis sebuah lembaga pendidikan.

Awal mula perjalanan ini dimulai dengan Ustadz Ardiansyah pada tahun 2014 setelah menyelesaikan pendidikannya di Institut Khartoum, Republik Arab Sudan, beliau datang ke Batam.Yang kemudian mengabdikan dirinya di sebuah lembaga pondok pesantren di Batam tahun 2014 -2017. Namun dikarena seiring besarnya kepercayaan ummat dan masyarakat dalam berdawah akhirnya beliu memutuskan untuk mengundurkan diri agar lebih bisa melayani dawah di masyarakat.

Dalam sebuah fase beliu mengalami kegalauan dan kebingungan untuk mencari arah dalam mengembangakan dawah, ditambah saat itu telah memiliki 3 orang anak sehingga membutuhkan tempat huni dan tempat khusus yang fokus dalam mendidik anak anak serta jamaahnya. Gayung bersambut tak lama Allah Ta ala membuka jalan bagi Ustadz Ardiansyah ketika itu Ustadz Ardiansyah juga seorang dosen mengajar di Akademi Dakwah Indonesia dibawah naungan organisasi Dewan Dakwah Islam Indonesia Cabang Batam, pada suatu waktu seorang teman yang bernama Ustadz Muhammad Fadli dari Dewan Dakwah Islam Indonesia yang dikirim untuk bertugas di cabang Batam memberitahunya bahwa ada sebidang tanah (-+2000M). yang akan dijual seharga 600.000.000 rupiah tanah tersebut menjadi pilihan yang menarik bagi Ustadz Ardiansyah, dan setelah melihatnya bersama Ustadz Muhammad Fadli, Ustadz Ardiansyah tertarik dan yakin ini adalah jawaban dari segala doa yang dipanjatkan.

Meskipun dalam keadaan belum memiliki uang tentunya nominal itu begitu besar bagi Ustadz Ardiansyah yang seorang dai, namun demikian beliu memiliki keyakinan bahwa ini adalah kesempatan dan tantangan serta sebagai sarana untuk lebih memohon pertolongan Allah Ta’ala. Kesempatan ini adalah obat kegalauannya, Tanah tersebut sebelumnya didengar akan dijual kepada pesantren Al Bahjah yang dimiliki oleh Buya Yahya karena tidak jadi dibeli, kemudian didengar ditawarkan ke Dewan Dakwah Islam Indonesia cabang Batam juga tidak jadi dan akhirnya bapak Haji Yudi Cahyono sebagai pemiliknya waktu itu memberikan lahan tersebut kepada Ustadz Ardiansyah sebesar 600 juta dengan batas waktu yang disepakati bersama yaitu 2 tahun. Kesempatan dan tawaran ini disangupi oleh Ustadz Ardiansyah.

Proses ini tidak mudah namun dengan segala doa yang dipanjatkan,silaturrahim digalakan dan kepercayaan yang senantiasa dijaga mulai teranglah segala bantuan dari Allah ta’ala terbukti dengan banyaknya muhsinin yang membantu baik dalam ataupun luar negeri lillahil hamdu akhirnya dapat membebaskan tanah tersebut.

Guru kami dari Mesir Syeikh Yusuf Isong dan Syeikh Ahmad Kamali dihadirkan untuk acara pembukaan perdana Pondok Pesantren Royatul Qur’an Batam resmilah berdiri pada tahun 2017, dan perjalanannya terus berkembang. Mulai dari Majelis Taklim Dakwah, pengajian, hingga pembukaan unit pendidikan seperti Taman Alquran Usia Dini (TAUD). di tahun 2018 dibuka TK Royatul Quran. di tahun 2019 dibuka SMP Putri Royatul Quran Boarding School, ditahun 2020 dibuka SD Royatul Quran tahun, dan di tahun 2022 dibuka SMA Dan Mahad Aly Royatul Quran.

Pendiri Pesantren Royatul Qur’an Batam, terdiri dari Ustadz Ardiansyah, Fathia, Haji Ilyas almarhum, dan orang orang yang telah membantu pendirian pesantren ini yang berjasa Ustadz Muhammad Fadli M.Pd, Ustadz Candra,Bapak H.Yudi Cahyono,Ustadz Salman Al Farisi dan para donatur lainnya.

Pondok Pesantren Royatul Qur’an Batam berhasil menjadi lembaga pendidikan Islam yang berkualitas dengan Visi besarnya ” MEMBANGUN GENERASI QUR’ANI YANG BERPRESTASI ILTIZAM SUNNAH NABI” . Dulu tempat ini hanya lahan kebun tandus dengan dua bangunan yang kurang layak, kini telah menjelma menjadi tempat yang layak dan berkembang pesat dengan jumlah para penuntut ilmu yang semakin bertambah tiap tahun.

Semoga lembaga ini membawa manfaat bagi kaum muslimin di Batam khususnya,menjadi amalan yang berkekalan di terima Allah Ta’ala.

وصلى الله وسلم على رسولنا محمد وعلى اله وأصحابه اجمعين

RQ Batam 22 November 2023
Ardiansyah Abu Hilyah

SELAYANG PANDANG ROYATUL QUR’AN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.